Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital

October 11, 2017

Ketika membicarakan tentang sistem pembelajaran dalam ruang lingkup pendidikan, hal ini pastinya akan berkembang menjadi begitu luas. Namun, ketika membicarakan tentang pembelajaran berbasis digital, hal ini sepertinya memiliki daya tarik tersendiri karena bagaimanapun teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia. Sistem pembelajaran dengan menggunakan basis digital memang sudah mulai banyak dipergunakan oleh para praktisi pendidikan mulai dari level sekolah bawah hingga atas. Salah satu contoh produk pembelajaran berbasis digital adalah dengan adanya e-learning.

Pembelajaran dengan memanfaatkan e-learning memberikan sebuah revolusi baru dalam metode pembelajaran yang digunakan. Bila selama ini, tempat belajar biasanya adalah ruang kelas maka dengan adanya pemanfaatan e-learning, belajar bisa di lakukan di luar kelas. Guru ataupun dosen bisa menggunakan media pembelajaran seperti blog ataupun moodle. Dalam hal ini, pemanfaatan jejaring sosial seperti Twitter ataupun Facebook untuk bisa berinteraksi dengan para peserta didik pun bisa juga dilakukan untuk semakin meningkatkan metode pembelajaran berbasis digital tersebut.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini, tentu saja para praktisi pendidikan hendaknya juga bisa menyikapinya secara bijak dan dinamis. Pola pikir dan cara pandang dari peserta didik yang mengalami perkembangan dibandingkan yang lalu hendaknya juga bisa menjadi perhatian. Namun demikian, sebelum kita melangkah terlalu jauh tentang pembahasan pembelajaran berbasis digital, kita bisa memahami terlebih dahulu definisi dari pembelajaran berbasis digital itu sendiri seperti apa.

Pembelajaran berbasis digital merupakan proses pembelajaran yang menggunakan media elektronik yaitu dengan dikembangkannya menjadi jaringan internet dan intranet sebagai alat bantu dalam belajar guna meningkatkan mutu pembelajarannya. Masalah inipun telah memiliki aturannya yang mana dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa. Sehingga ketika dunia mengalami begitu banyak perkembangan, sistem pembelajaran bagi para peserta didikpiun hendaknya juga mendapatkan revolusi yang mampu meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kreatif, mandiri, cakap, demokratis, serta bertanggung jawab.

Sebagian pengajar yang ada di Indonesia mungkin masih merasa kesulitan untuk mengaplikasikan pembelajaran berbasis digital dan di sisi lain pelatihan dasar teknologi bagi para pengajar pun masih terbilang sangat minim. Hal inilah mengapa masih banyak pengajar yang belum mampu memaksimalkan teknologi sebagai bagian dari sistem pembelajaran yang bisa diterapkan di era modern seperti sekarang. Selain itu, ada beberapa kelemahan lain dari penggunaan pembelajaran berbasis digital tersebut yang membuat sistem pembelajaran ini menjadi kurang optimal. Pertama komputer cenderung mengisolasi dan menjadikan seseorang menjadi lebih individualis. Belajar dengan menggunakan perangkat komputer sebagai alat bantu belajar memang mampu menjadikan peserta didik lebih mandiri namun di sisi lain hal ini juga bisa menjadikan mereka menjadi lebih individualis dan kurang memiliki interaksi dengan orang lain.

Pembelajaran berbasis digital mungkin akan menjadi suatu revolusi pembelajaran yang cukup menyenangkan. poses belajar mengajar bisa diciptakan dengan lebih hidup dan menarik melalui bantuan multimedia. Namun, tentu saja, pembelajaran dengan teknologi informasi ini juga masih membutuhkan banyak pengembangan dan perbaikan serta juga persiapan. Persiapan tersebut tidak hanya menyangkut perangkat ataupun media yang digunakan dalam pembelajaran berbasis digital seperti komputer dan jaringan internet saja tetapi juga menyangkut degan persiapan SDM tenaga pendidik yang profesional yang telah mengikuti sejumlah pelatihan-pelatihan program pendidikan dan pembelajaran berbasis digital sehingga para tenaga pengajar tersebut juga bisa lebih melek internet serta memiliki kemampuan untuk menjangkau media tersebut.


Comments

  1. Amin Khalili - July 25, 2018 at 7:27 am - Reply

    boleh xnyatakan kepentingan digital ini kepada pelajar dan guru.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *